Rechercher dans ce blog

Sunday, March 12, 2023

Viral Klik Video CCTV Bjorka Bikin Ngelag HP, Ini Kata Pakar - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Baru-baru ini, dunia maya dihebohkan video CCTV Bjorka viral di jagat internet. Diduga, video itu bisa membuat HP nge-lag atau sulit digunakan.

Pakar keamanan siber Alfons Tanujaya menyarankan kepada siapa pun yang menerima video itu untuk bisa langsung restart ponsel. Kemudian, hapus pesan yang bermasalah tersebut.

"Ada tips untuk mengatasi, kalau hang HP di restart dan hapus messagenya. Kalau ingin aman, akses dan lihat dari WA Web," kata Alfons kepada CNBC Indonesia, Jumat (10/3/2023).

Menurutnya video bisa membuat HP hang karena telah dirancang sedemikian rupa. Ini akan membuat ponsel menjadi height overflow.

Video akan memanfaatkan keterbatasan spesifikasi pada HP Android tertentu. Dengan begitu hardware akan dipaksa bekerja melebihi batas jangkauan biasanya. "Ini adalah video yang di rancang sedemikian rupa sehingga menyebabkan height overflow dan di ponsel Android tertentu menyebabkan hang atau lag," jelas Alfons.

Alfons mengatakan HP yang menjadi korban memang tidak selalu dengan spesifikasi rendah. Namun, mayoritas akan menyerang jenis ponsel tersebut karena memiliki keterbatasan hardware.

"Kemungkinan besar demikian, spesifikasi tertentu. Tidak harus spesifikasi rendah tetapi memang mayoritas spesifikasi rendah karena biasanya memiliki keterbatasan hardware," ungkapnya.

Video itu juga dipastikan hanya menyebabkan ponsel bermasalah seperti nge-lag dan hang, tidak terkait kasus lainnya seperti pencurian data. "Dampaknya hanya terbatas lag, mati total saja. Jadi tidak ada dampak lain seperti pencurian data atau sejenisnya," kata Alfons.

Video berdurasi 9 detik itu tersebar di berbagai media sosial seperti WhatsApp, Tiktok, Twitter, hingga Youtube. Biasanya menyertakan narasi video akan membuat HP rusak.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Bjorka Tebar Teror Lagi, Klaim Bocorkan Data PeduliLindungi


(pgr/pgr)

Adblock test (Why?)


Viral Klik Video CCTV Bjorka Bikin Ngelag HP, Ini Kata Pakar - CNBC Indonesia
Read More

No comments:

Post a Comment

Bareskrim Tangkap Bos Robot Trading Viral Blast yang Rugikan Member Rp 1,2 T - detikNews

Jakarta - Bareskrim Polri menangkap tersangka kasus robot trading Viral Blast , Putra Wibowo alias PW. Putra ditetapkan masuk daftar penc...