Rechercher dans ce blog

Friday, June 2, 2023

Viral Kakek Jual HP Demi Dapat Beras, Ternyata Ini Faktanya - detikFood

Jakarta -

Di media sosial Malaysia viral video seorang kakek menjual HP lawasnya demi dapat beras. Video ini curi perhatian, tapi ada fakta menarik di baliknya.

Belakangan ini media sosial menjadi sumber informasi yang begitu diandalkan. Banyak kejadian pun viral hingga mengundang simpati dari netizen.

Salah satunya yang terekam dalam unggahan netizen TikTok asiah1106. Seperti dikutip dari World of Buzz (31/5), video unggahan Nor Asiah Kamis ini sudah ditonton lebih dari 2 juta kali dan mendapat 137.000 tanda suka (likes) hanya dalam 2 hari.

Video memperlihatkan sosok kakek berusia 50 tahunan berbicara dengan aksen Northern Peninsula Malaysia kepada seorang pegawai toko handphone (HP). Ia berusaha menjual HP jadul merek Nokia.

Viral Kakek Jual HP Demi Dapat Beras, Ternyata Ini FaktanyaViral video memperlihatkan seorang kakek hendak menjual HP jadul demi bisa beli beras. Foto: TikTok asiah1106 via World of Buzz

Namun pegawai itu menolak keinginan sang kakek. Ia juga bertanya alasan kakek itu menjual HP miliknya. Ternyata sang kakek butuh RM 20 atau sekitar Rp 65 ribu untuk beli beras.

Kisah kakek ini lantas lanjut ke bagian dua. Video selanjutnya itu berhasil ditonton lebih dari 1,1 juta kali hanya dalam sehari.

Usai menolak permintaan sang kakek, pegawai toko HP itu rupanya malah memberi uang RM 3.000 (Rp 9,7 juta). Ia niat membantu sang kakek yang mengaku tidak punya uang untuk beli beras.

Tampak sang kakek pun terharu. Ia mengucapkan terima kasih dengan tulus pada pegawai perempuan itu.

Viral Kakek Jual HP Demi Dapat Beras, Ternyata Ini FaktanyaSang kakek menangis saat diberikan uang oleh pegawai toko HP. Foto: TikTok asiah1106 via World of Buzz

Melihat unggahan ini, banyak netizen bersimpati. Mereka sedih melihat kesulitan sang kakek dan terharu dengan kebaikan sang pegawai toko HP.

Namun sebuah fakta terungkap usai video ini viral. Ternyata semua yang ada dalam video hanyalah konten semata alias diatur (setting-an) oleh Nor Asiah.

Pada video pertama diberi keterangan yang ambigu. "Konten sedih - Pakcik datang ke toko untuk menjual Nokia jadulnya demi beli beras," tulis Nor Asiah.

Lebih jauh, dalam kolom komentar, Nor Asiah mengklarifikasi bahwa semua yang ada dalam video itu direncanakan demi mengumpulkan kesadaran orang-orang agar berbuat baik.

"Terima kasih untuk semua yang menunjukkan kepedulian mereka. Ini hanya konten untuk kesadaran. Hanya berakting. Anda semua dapat menyalurkan bantuan Anda kepada mereka yang membutuhkannya," katanya.

Simak Video "Tak Hanya Bahan Pokok, Beras Jadi Suvenir di Italia"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Adblock test (Why?)


Viral Kakek Jual HP Demi Dapat Beras, Ternyata Ini Faktanya - detikFood
Read More

No comments:

Post a Comment

Bareskrim Tangkap Bos Robot Trading Viral Blast yang Rugikan Member Rp 1,2 T - detikNews

Jakarta - Bareskrim Polri menangkap tersangka kasus robot trading Viral Blast , Putra Wibowo alias PW. Putra ditetapkan masuk daftar penc...