Rechercher dans ce blog

Tuesday, June 20, 2023

Viral Macet di Jakut Pemotor Lewat Kolong Truk Ini Bahayanya - detikOto

Jakarta -

Di media sosial viral video yang menampilkan beberapa pengendara sepeda motor nekat melewati kolong truk kontainer di Jakarta Utara. Mereka melewati kolong truk kontainer untuk menghindari macet.

Dari video yang beredar, tampak sejumlah pria mendorong motornya di bawah kolong kontainer. Mereka mendorong motornya perlahan-lahan.

Sambil mendorong motor, pengendara menundukkan badan karena tinggi ruang yang tersedia di kolong kontainer cukup rendah, tetapi kolong kontainer cukup untuk dilewati motor.

Tindakan ini tentunya sangat tidak pantas untuk ditiru. Demi keselamatan, pengendara sepeda motor seharusnya tidak melaju di kolong truk kontainer.

Menurut praktisi keselamatan berkendara sekaligus Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, ada potensi bahaya di balik perilaku pengendara yang tidak terdeteksi.

"Sekalipun (truk kontainer) berhenti, dan selama masih beroda, maka kendaraan akan bisa bergerak liar kalau parking brake nggak maksimal, alas licin atau tidak rata atau digeser angin dan tidak diganjal," ujar Sony mengomentari video viral pemotor yang melewati kolong truk kontainer.

Jika truk kontainer bergerak saat ada pemotor di kolongnya, nyawa pemotor itu menjadi taruhannya. Menurut Sony, kolong truk bukan jalan pintas untuk pindah lajur karena sempit, panas, dan kotor.

"Kebiasaan jelek yang tercipta di kemudian hari membuat pengemudi tidak mawas diri dan mengabaikan faktor bahaya," ujar Sony.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Utara, Kompol Edi Purwanto,meminta para pengendara untuk mencari jalur alternatif dengan menghindari Jembatan Marunda. Dia juga mengimbau pengendara untuk menjaga keselamatannya.

"Yang pasti yang pertama tolong untuk pengendara roda empat atau roda dua hindari melintas lewat jembatan," ujar Edi saat dihubungi detikcom, Selasa (20/6/2023).

"Kedua apabila terpaksa lewat situ perhatikan tetap keselamatan dalam arti keselamatan itu banyak kendaraan besar, kemudian macet dan sebagainya hati-hati dalam keselamatan berkendara," lanjutnya.

Simak Video "Panglima TNI Minta Maaf Anggotanya Tendang Pemotor Ibu-Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

Adblock test (Why?)


Viral Macet di Jakut Pemotor Lewat Kolong Truk, Ini Bahayanya - detikOto
Read More

No comments:

Post a Comment

Bareskrim Tangkap Bos Robot Trading Viral Blast yang Rugikan Member Rp 1,2 T - detikNews

Jakarta - Bareskrim Polri menangkap tersangka kasus robot trading Viral Blast , Putra Wibowo alias PW. Putra ditetapkan masuk daftar penc...