Rechercher dans ce blog

Saturday, May 13, 2023

Viral Video Soal Kandungan Gula di Minuman Kekinian, Netizen Kaget - detikFood

Jakarta -

Produk minuman kemasan dan kekinian memang enak, tapi kandungan gulanya patut diwaspadai. Video viral ini mengungkap jumlah gulanya yang bikin netizen kaget.

Kandungan gula dalam makanan manis, minuman kemasan, dan minuman kekinian tergolong tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan tentu saja berbahaya untuk kesehatan. Salah satunya meningkatkan risiko terserang diabetes.

Lewat video TikTok @h_hudari (13/05), pengguna ini membagikan video berisi kandungan gula pada minuman kemasan populer dan kekinian yang dipasang oleh salah satu perusahaan multinasional yang memproduksi susu, mentega, dan keju.

Viral Video Soal Kandungan Gula di Minuman Kekinian, Netizen KagetViral Video Soal Kandungan Gula di Minuman Kekinian, Netizen Kaget Foto: TikTok

"Perbandingan kadar gula setiap produk," tulis keterangan video itu. Di sana berjejer beberapa jenis minuman, dari kadar gula yang paling sedikit hingga paling banyak. Di sini kadar gula digambarkan dengan gula halus.

Di minuman pertama ada susu Anlene One Day yang memiliki kandungan gula 3 gram. Kemudian minuman kedua ada Heavenly Blush Yogurt yang mengandung 11 gram gula, di sampingnya ada minuman Buavita rasa leci dengan kandungan 18 gram gula.

Lalu di minuman kaleng seperti Pocari Sweat kandungan gulanya mencapai 20 gram. Serta minuman Kopiko kandungannya 24 gram gula, disusul dengan kandungan gula Coca-Cola setara 27 gram, hingga minuman Minute Maid dengan kandungan 33 gram.

Tapi yang paling tinggi ada Starbucks Caramel Macchiato dengan 34 gram gula dan Chatime Milk Tea bertopping jelly yang memiliki 45 gram gula.

"Sekarang gimana masih suka? Makanan-makanan yang mengandung banyak gula. Mulai hindari guys, mulai cari produk-produk rendah gula agar tetap sehat. Semoga bermanfaat," kata Hudari.

Viral Video Soal Kandungan Gula di Minuman Kekinian, Netizen KagetViral Video Soal Kandungan Gula di Minuman Kekinian, Netizen Kaget Foto: TikTok

Melihat kadar minuman kekinian yang memiliki gula tinggi, tentu saja banyak netizen waswas dan jadi takut menyantap makanan atau minuman manis.

"Ada baiknya juga saya tidak beli Starbucks. Selain bisa menjaga kesehatan, gak punya uang buat belinya juga," komen @putt**.

"Sedangkan kebutuhan gula sehari cuma 37,5 gram, belum lagi kandungan gula dari nasi," sambung @hum**.

Namun ada juga netizen yang merasa hitungan ini tidak akurat karena hanya menghitung jumlah takaran gula namun total berat kemasannya tidak disebutkan.

"Gak adil. Itu perbandingannya hanya jumlah takaran gula, tapi jumlah total kemasannya berapa gram atau milinya tidak disebutkan," kritik @osh**.

Mengutip informasi gizi dari beberapa produk, beberapa minuman ini memang datanya sama seperti yang di video. seperti Pocari Sweat Soft Drink Kaleng ukuran 330 ml contohnya. Ukuran gulanya memang 20 gram per 330 ml. Sementara untuk Coca-Cola ukuran kaleng 250 ml, kandungan gulanya 27 gram.

Namun yang sulit dibuktikan adalah kandungan minuman Starbucks atau Chatime. Karena di situs resmi mereka hanya menampilkan jumlah kalori saja, tapi tidak ada informasi detail seputar kandungan gula per porsinya.

Pakar kesehatan pun menganjurkan untuk membatasi asupan gula harian dari minuman kemasan atau minuman manis. Hal ini merugikan kesehatan dalam berbagai aspek, termasuk mengganggu kesehatan gigi, sendi, dan otak.

Baca Juga: Efek Konsumsi Gula Berlebih Pada Kesehatan 7 Organ Tubuh" selengkapnya

Simak Video "61,27% Penduduk RI Konsumsi Minuman Manis Lebih dari 1 Kali per Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

Adblock test (Why?)


Viral Video Soal Kandungan Gula di Minuman Kekinian, Netizen Kaget - detikFood
Read More

No comments:

Post a Comment

Bareskrim Tangkap Bos Robot Trading Viral Blast yang Rugikan Member Rp 1,2 T - detikNews

Jakarta - Bareskrim Polri menangkap tersangka kasus robot trading Viral Blast , Putra Wibowo alias PW. Putra ditetapkan masuk daftar penc...