Rechercher dans ce blog

Wednesday, August 9, 2023

Gubernur Lampung: Jalanan Bak Kubangan Diperbaiki Bukan karena Viral - detikNews

Jakarta -

Jalanan di Kecamatan Rumbia, Lampung Tengah, sempat berwujud kubangan karena rusak parah. Maret lalu, Mira Desiana dkk membuat video protes dan viral. Kini, jalanan itu diperbaiki. Gubernur Lampung menyatakan perbaikan jalan bukan karena efek viral.

"Tidak ada urusannya dengan yang disebut (video viral Mira Desiana dkk) karena proyek perbaikan jalan sudah direncanakan sejak tahun anggaran 2022," kata Gubernur Lampung Arinal Djunaidi kepada detikcom, Rabu (9/8/2023).

Arinal Djunaidi menjelaskan, proyek perbaikan jalan yang melintasi Rumbia itu sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelum Mira Desiana membuat konten video berkubang di jalanan rusak. Lagi pula, menurut dia, tidak mungkin suatu proyek pemerintah dikerjakan tanpa ada perencanaan jauh-jauh hari. Itu bukan proyek dadakan.

"Semua proyek pemerintah menggunakan anggaran pemerintah direncanakan setahun sebelumnya," kata Arinal.

Viral Jalan Rusak di Rumbia LamtengViral Jalan Rusak di Rumbia Lamteng (Tangkapan Layar TikTok)
Pembetonan jalan di kawasan Simpang Randu-Seputih Surabaya, sekitar Kecamatan Rumbia, Lampung Tengah. (Dok DBMBK Lampung)Pembetonan jalan di kawasan Simpang Randu-Seputih Surabaya, sekitar Kecamatan Rumbia, Lampung Tengah. (Dok. DBMBK Lampung)

Ruas jalan yang melintasi Kecamatan Rumbia di Lampung Tengah itu adalah segmen jalan Simpang Randu-Seputih Surabaya. Sebenarnya, di luar segmen jalan ini, Pemprov Lampung juga sudah merencanakan pembangunan di 13 segmen jalan lain di seantero provinsi ini. Kebetulan saja, momen pelaksanaan perbaikan jalan bersamaan dengan viralnya video-video yang menyoroti kerusakan jalan di Lampung sejak Maret lalu.

"Bukan karena viral. Anda silakan keliling ke semua jalan yang dikerjakan. Ada 14 ruas dengan pola yang sama," kata Arinal.

Awalnya, Pemerintah Provinsi Lampung sudah menganggarkan pembangunan jalan di sini dan 13 ruas jalan lain di seantero Lampung. Anggaran dari Provinsi Lampung adalah Rp 744 miliar.

Salah satu dari 14 jalan yang hendak diperbaiki Pemprov Lampung adalah jalan yang melintasi kawasan Kecamatan Rumbia, Lampung Tengah, ini. Saat itu, bulan Mei, Lampung hendak membangun 7 km (dari total sekitar 25 km) jalan di ruas Simpang Randu-Seputih Surabaya dengan anggaran Rp 50,8 miliar.

Namun, dalam perkembangan lebih lanjut, pemerintah pusat ikut turun tangan memperbaiki jalanan di Lampung. APBN dikucurkan Rp 14,9 triliun untuk membiayai pembangunan jalan, tahun ini saja. Secara keseluruhan, pemerintah pusat menyiapkan Rp 32,7 triliun untuk jalanan Provinsi Lampung.

Pembetonan jalan di kawasan Simpang Randu-Seputih Surabaya, sekitar Kecamatan Rumbia, Lampung Tengah. (Dok DBMBK Lampung)Pembetonan jalan di kawasan Simpang Randu-Seputih Surabaya, sekitar Kecamatan Rumbia, Lampung Tengah. (Dok. DBMBK Lampung)

Secara khusus, di kawasan Rumbia, Lampung Tengah, pembangunan jalan masih terus berjalan. Jalanan yang dulu rusak kini sudah berangsur-angsur bersalin rupa menjadi permukaan beton.

"Progresnya untuk kegiatan (pembangunan jalan) Kota Gajah-Simpang Randu sudah 70%, dan untuk kegiatan (pembangunan jalan) Simpang Randu-Seputih Surabaya sudah 60%," kata Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas DBMBK Lampung, Muhammad Taufiqullah, kepada detikcom, Selasa (8/8) kemarin.

(dnu/dnu)

Adblock test (Why?)


Gubernur Lampung: Jalanan Bak Kubangan Diperbaiki Bukan karena Viral - detikNews
Read More

No comments:

Post a Comment

Bareskrim Tangkap Bos Robot Trading Viral Blast yang Rugikan Member Rp 1,2 T - detikNews

Jakarta - Bareskrim Polri menangkap tersangka kasus robot trading Viral Blast , Putra Wibowo alias PW. Putra ditetapkan masuk daftar penc...