Rechercher dans ce blog

Saturday, May 6, 2023

Erick Thohir: Perbaikan Jalan Lampung Bukan karena Viral di Medsos - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri BUMN Erick Thohir membantah anggapan upaya pemerintah memperbaiki jalan di Lampung karena viral di media sosial. Dia menyebut pemerintah sudah punya anggaran sendiri untuk perbaikan jalan di daerah.

Pemerintah dikatakan sudah menganggarkan Rp32,7 triliun untuk perbaikan jalan di daerah. Hal ini berlandaskan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

"Jadi kayak kemarin ada yang nanya, 'pak ini jalan dibetulin gara-gara viral?' Ya enggak. Tidak mungkin Pak Jokowi mengetok dana Rp 32,7 triliun karena viral, bukan. Ini kebijakan beliau empat bulan yang lalu, sudah ada Inpresnya. Jadi enggak mungkin gara-gara viral beliau teken-teken Inpres," jelas Erick kepada detikcom, Sabtu (6/5/2023).

Erick mengatakan dana itu didapat salah satunya dari pemotongan anggaran banyak menteri sebesar lima persen.

Dia juga bilang pemerintah pusat dan daerah mesti kerja sama dalam hal perbaikan jalan. Jalan negara merupakan tanggung jawab pemerintah pusat, jalan provinsi menjadi tanggung jawab gubernur sedangkan jalan daerah tanggung jawab bupati/walikota.

"Cuma misalnya, pemerintah bangun jalan provinsi, kan jalan negaranya nggak kerawat. Kan mestinya negara bangunnya jalan negara bukan provinsi. (Jalan) provinsi (tanggung jawab) gubernur. Tapi kadang-kadang gubernur juga bilang 'lah di wali kota juga saya yang urus, wali kotanya nggak melakukan (perbaikan)'. Nah hal-hal ini perlu kedisiplinan masing-masing pemimpin," ucap Erick.

Presiden Jokowi sebelumnya mengatakan pemerintah pusat akan mengeluarkan dana Rp800 miliar untuk perbaikan 15 ruas jalan rusak di Lampung. Perbaikan jalan ini bakal dimulai Juni nanti yang dilakukan Kementerian PUPR.

Pemerintah Provinsi Lampung sudah menyatakan tak sanggup membiayai perbaikan jalan rusak. Alokasi pemeliharaan jalan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 hanya Rp72,44 miliar atau tak sampai 1 persen dari total APBD 2023 sebesar Rp7,38 triliun.

Jalan di Lampung jadi sorotan usai dikritik Tiktoker Bima Yudha. Dia mengatakan infrastruktur jalan di provinsi paling selatan Pulau Sumatra itu sudah hancur sejak lama.

(fea)

[Gambas:Video CNN]

Adblock test (Why?)


Erick Thohir: Perbaikan Jalan Lampung Bukan karena Viral di Medsos - CNN Indonesia
Read More

No comments:

Post a Comment

Bareskrim Tangkap Bos Robot Trading Viral Blast yang Rugikan Member Rp 1,2 T - detikNews

Jakarta - Bareskrim Polri menangkap tersangka kasus robot trading Viral Blast , Putra Wibowo alias PW. Putra ditetapkan masuk daftar penc...